HUBUNGAN NYERI HAID DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWI D-III KEBIDANAN STIKES PELITA ILMU DEPOK

Authors

  • Rona Riasma Oktobriariani
  • Innana Mardhatillah

Keywords:

motivasi belajar, nyeri haid

Abstract

Menstruasi yang dialami para remaja wanita dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah dismenore atau nyeri haid. Nyeri haid  merupakan masalah yang paling umum dialami wanita baik wanita remaja maupun dewasa. Remaja yang mengalami dismenore membatasi aktivitas harian mereka khususnya aktivitas belajar disekolah. Selain itu siswi yang mengalami dismenore tidak dapat berkonsentrasi belajar dan motivasi belajar akan menurun.

Desain penelitian yang digunakan adalah observasi analitik dengan rancangan cross sectional..Sampel berjumlah 33 orang, diambil dari mahasiswi tingkat dua Diploma III Kebidanan STIKes Pelita Ilmu Depok. Data diperoleh dari kuesioner lembar observasi nyeri haid, kuesioner motivasi. Analisis data dilakukan dengan uji Hasil dari analisa data dengan menggunakan uji Korelasi Rank Spearman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan memiliki arah korelasi negatif antara nyeri haid dengan motivasi mahasiswi (rs=-0,828; p<0,001),

Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara nyeri haid dengan motivasi belajar mahasiswi.

Downloads

Published

2023-01-19