PENDIDIKAN SEKS DI SEKOLAH DASAR DAN PENGARUHNYA PADA UPAYA MENYIKAPI MENARCHE (STUDI KASUS PADA SDN ANYELIR 1, SD ISLAM TERPADU AL- MUHAJIRIN DAN SD ISLAM KHASANAH KEBAJIKAN)

Authors

  • Umi Nurhayati Akademi Kebidanan Pelita Ilmu Depok
  • Silvia Akademi Kebidanan Pelita Ilmu Depok

Keywords:

dini, menstruasi, pendidikan, dan seks

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pendidikan seks di sekolah dasar dan pengaruhnya pada upaya menyikapi menstruasi dini, Studi Kasus Pada SDIT Al-Muhajirin, SD Islam Khasanah Kebajikan dan SDNegeri Anyelir 1. Sumber utama penelitian ini adalah siswi Sekolah Dasar Negeri Anyelir 1, Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muhajirin dan Sekolah Dasar Islam Khasanah Kebajikan. Penelitian ini membandingkan antara sekolah, dimana guru dan orang tua pada Sekolah Dasar yang menggunakan pembelajaran dengan memasukkan pendidikan seks pada mata pelajaran tertentu, dengan Sekolah Dasar yang belum menggunakan metode pembelajaran yang memasukkan pendidikan seks pada mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data-data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam (in-depth interview), kuisener, dan studi dokumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan pendidikan seks di Sekolah Dasar belum optimal pada upaya menyikapi menstruasi dini.

Downloads

Published

2021-09-30