ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI E-SIR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RS MEDIKA DRAMAGA KOTA BOGOR TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.69935/jidan.v6i1.31Keywords:
Effectiveness, Referral system, E-sirAbstract
Salah satu penyebab tingginya AKI (angka kemtian ibu) dan AKB (angka kematian bayi) adalah tidak efektif dan efisiennya sistem rujukan, Seringkali rumah sakit tidak siap menerima pasien gawat darurat yang datang, atau pasien harus “tour of hospital” terlebih dahulu sebelum mendapatkan pertolongan memadai salah satu cara mempercepat penurunan jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir adalah dengan memperkuat jejaring. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Efektifitas Penggunaan aplikasi E-SirTerhadap Kualitas Pelayana di RS MEDIKA DRAMAGA pada Tahun 2021 Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini adalah Direktur RS, kepala IGD, Koordinator pendaftaran dan PMB. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – April 2021 di Rumah Sakit Medika Dramaga Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Penggunaan aplikasi E-Sir terhadap kualitas pelayanan, dapat disimpulkan bahwa sudah ada Adanya aplikasi E-Sir di rumah sakit untuk sistem rujukan, Adanya keterbukaan untuk penyampaian kebijakan, Tersedia tenaga yang siap dilatih, dan Adanya komitmen untuk terus menggunakan aplikasi E-Sir. Namun masih terdapat kekurangan yaitu Budaya Kerja Pegawai RS Medika Dramaga sebagian besar belum memiliki kesadaran dalam menggunakan system aplikasi E-Sir, Belum tersosisalisasi dengan baik mengenai system rujukan menggunakan aplikasi E-Sir, masih kurangnya sosialisasi terkait pengaplikasian dan penggunaan aplikasi E-Sir, Kurang adaptif dalam perubahan system rujukan menggunakan aplikasi E-Sir, Belum ada monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap kepatuhan implementasi aplikasi E-Sir, Kurang sadarnya akan manfaat aplikasi E-Sir, dan Kurang tegasnya sanksi terhadap ketidakpatuhan implementasi aplikasi E-Sir. Ditambah lagi dengan Penggunaan aplikasinya ribet, kemudian Semakin banyak rumah sakit yang ikut serta dalam melakukan rujukan melalui whatsapp dan telephone.
One of the causes of high (maternal mortality) and (infant mortality) is the ineffectiveness and efficiency of the referral system, Often hospitals are not prepared to accept emergency patients arriving, or patients have to “tour of hospital” before getting adequate help one way to accelerate the decrease in the number of maternal and newborn deaths is to strengthen the network. The purpose of this study is to analyze the Effectiveness of The Use of E-Sirs application Against The Quality of Service at Medika Dramaga Hospital in 2021. This type of research is qualitative research with a case study approach. This research informant is the Director of the Hospital, head of IGD, Coordinator of registration and PMB. This research was conducted in February – April 2021 at Medika Dramaga Hospital Bogor Regency, West Java Province. The use of E-Sir application to the quality of service, it can be concluded that there is already an E-Sir application in the hospital for referral system, Openness to policy delivery, There were ready to train personnel, and you have a commitment to continue using the E-Sir application. However, there were still shortcomings, namely the Work Culture of Medika Dramaga Hospital employees, most of whom did not have awareness in using the E-Sir application system, Not yet well socialized about the referral system using E-Sir application, still lack of socialization related to the application and use of E-Sir application, Less adaptive in the change of referral system using E-Sir application, There has been no regular monitoring and evaluation of the compliance of E-Sir application implementation, Lack of awareness of the benefits of E-Sir application, and Lack of strict sanctions against non-compliance of E-Sir application implementation. Coupled with the use of the application is complicated, then More and more hospitals are participating in making referrals through whatsapp and telephone.