FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI PMB D GANG JAMBU DEPOK JAWA BARAT TAHUN 2023

Authors

  • Putri Wijaya

Keywords:

ASI Ekslusif, karastersitik ibu, keterpaparan informasi, dukungan suami

Abstract

Latar Belakang : Menyusui merupakan investasi terbaik untuk kelangsungan hidup serta meningkatkan kesehatan, perkembangan sosial, ekonomi individu dan bangsa (Roesli, 2017). Yang mendapatkan ASI Eklusif di Indonesia hanya 50 persen bayi di bawah usia 6 bulan , dan di usia 23 bulan yang mendapatkan ASI Ekslsusif hanya sedikit lebih dari 5 persen anak. Artinya, selama dua tahun kehidupan bayi di Indonesia hampir setengah nya tidak menerima gizi yang mereka butuhkan. Mereka telalu dini di kenalkan dengan makanan pendamping ASI hingga lebih dari 40 persen bayi sebelum mereka mencapai usia 6 bulan, dan sering kali makanan nya tidak memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor karasteristik, faktor keterpaparan informasi dan faktor dukungan suami dengan pemberiaan ASI Eklusif pada ibu yang usia bayi saat ini 6 - 24 bulan.

Metodelogi : Disain penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan cross sectional (potong lintang). Peletian ini berjumlah 30 sampel ibu yang memiliki bayi 6-24 bulan. Tehnik pengambilan sampel ini menggunakan penelitian ini menggunakan purposive sampling karena mempunyai kriteria inklusi dan eksklusi yang sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen penelitain terdiri dari kuesioner tentang karaksteristik ibu , yaitu ibu yang terpapar sumber informasi dan dukungan suami.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian pada karasteristik pendidikan ibu ada pengaruhnya dengan pemberian ASI Ekslusif menunjukan nilai signifikasi 0.000 di bawah dari nilai alpha , sementara pada ibu bekerja dan paritas tidak ada pengaruh yang signifikan terhadappemberian ASI Ekslusif dengan nilai signifakasi sebesar 0.810, untuk keterpaparan informasi ada pengaruh yang signifikan dengan nilai uji statistik dengan nilai signifikasi 0,001 masih dibawah nila alpha sebesar 0.05, untuk dukungan suami terhadap pemberian ASI Ekslusif ada dukungan dengan nilai p-value sama dengan nilai alpha 0,05.

Kesimpulan dan Saran : Karesteristik ibu tidak ada pengaruh yang signfikan terhadap pemberian ASI Ekslusif sementara keterpaparan informasi dan dukungan suami terdapat signifikasi yang bermakna terhadap pemberian ASI Ekslusif.

Downloads

Published

2023-08-07