EFEKTIVITAS BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DINI DI KECAMATAN JAWAI KABUPATEN SAMBAS

Authors

  • Elsa Noftalina Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Rini Sulistiawati

Abstract

Latar belakang: Pernikahan dini merupakan pernikahan yang dilakukan oleh pasangan atau salah satu pasangan masih dikategorikan anak-anak atau remaja yang berusia dibawah usia 19 tahun. Salah satu upaya pencegahan pernikahan dini yang dapat dilakukan ialah dengan pemberian pendidikan keseahatan kepada remaja putri melalui media seperti booklet.

Tujuan: Untuk menganalisis efektivitas booklet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang dampak pernikahan dini di Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas.

Metode: Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen (one group pretest-posttest) pada 52 remaja putri usia 14-17 tahun dengan teknik proportional random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan paired t-test.

Hasil: Terdapat perbedaan nilai pengetahuan dan sikap remaja putri sebelum dan sesudah di berikan booklet (p<0.000). T><0.000).

Kesimpulan: Media booklet dapat menjadi media alternatif yang digunakan dalam pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang dampak pernikahan dini di Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas.

Kata Kunci: Pernikahan Dini, Pengetahuan, Sikap, Booklet.

Downloads

Published

2023-12-10